RENCANA PENGEMBANGAN MADRASAH
MTS. DAKWAH ISLAMIYAH PUTRI
T.P 2023-2024
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kurikulum, pembelajaran, sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, kesiswaan, pendanaan, serta peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan.
B. Alasan Penyusunan Rencana Pengembangan Madrasah (RPM)
Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlulah kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Pengembangan Madrasah (RPM), agar MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Penyusunan RPM tersebut berdasarkan dari hasil pemikiran bahwa sekolah merupakan unit pelaksana pendidikan formal terdepan dengan berbagai keragaman potensi anak didik yang memerlukan layanan pendidikan yang beragam, kondisi lingkungan yang berbeda, maka sekolah harus dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya untuk mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan dan sekaligus peningkatan sumber daya manusia.
Hal ini akan terlaksana jika sekolah dengan berbagai keragamannya, diberikan kepercayaan untuk mengatur dan mengurus dirinya sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan anak didik.
Dengan adanya RPM diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman kerja, untuk perbaikan dan pengembangan madrasah masa mendatang, serta sebagai bahan untuk mengajukan usulan kelengkapan sarana prasarana sekolah serta pendanaan pengembangan madrasah kepada pihak-pihak yang terkait.
C. Landasan Hukum Penyusunan RPM
Adapun landasan hukum yang dipergunakan untuk penyusunan Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) ada beberapa hal :
BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH
Madrasah sebagai lembaga pendidikan formal mengemban amanat untuk mencapai dan mendukung visi dan misi pendidikan nasional serta pendidikan di daerah masing - masing. Oleh karena itu MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri perlu memiliki visi dan misi madrasah. Dengan adanya visi dan misi MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri dapat dijadikan arah pijakan untuk bertindak dalam mencapai tujuan pendididkan yang dicita - citakan. Berikut ini visi, misi dan tujuan pendidikan MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri.
Sebagai lembaga pendidikan formal mengemban amanat untuk mencapai dan mendukung visi dan misi pendidikan nasional serta pendidikan di daerah masing - masing. Oleh karena itu MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri perlu memiliki visi dan misi sekolah. Dengan adanya visi dan misi MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri dapat dijadikan arah pijakan untuk bertindak dalam mencapai tujuan pendididkan yang dicita - citakan. Berikut ini visi, misi dan tujuan pendidikan MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri.
A. VISI MADRASAH
“Berakhlakul karimah, terampil dan berprestasi“
B. MISI
C. TUJUAN MADRASAH
Tujuan yang ingin dicapai oleh Madrasah Tsanawiyah Dakwah Islamiyah Putri Kediri adalah:
1. Membiasakan diri taat menunaikan ibadah bagi seluruh warga madrasah.
2. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bidang baca tulis Al-Qur’an.
3. Peserta didik mampu menghafal alqur’an minimal 1 juz pertahun.
4. Peserta didik mampu menghafal hadis arba’in.
5. Peserta didik mampu membaca dan memahami kitab-kitab dasar.
6. Meningkatkan kekeluargaan di lingkungan Madrasah yang dilandasi akhlak dan budi pekerti yang luhur.
7. Terwujudnya peserta didik yang terampil, kreatif serta unggul di bidang akademik maupun non akademik dan mampu bersaing di era globalisasi.
8. Peserta didik terampil berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris baik tulis maupun lisan.
9. Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional.
10. Mempersiapkan lulusan untuk dapat melanjutkan ke MA. Dakwah Islamiyah Putri Kediri atau SMK Plus Nurul Hakim
BAB III
KEADAAN MADRASAH
Gambaran mengenai keadaan madrasah dalam kurun waktu tiga tahun terakhir dapat dikemukakan sebagai berikut :
A. PROSES BELAJAR MENGAJAR
Pelaksanaan KBM di MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri berjalan dengan baik mengingat tenaga pendidik dan jumlah peserta didik sesuai dengan keperluan. Pelaksanaan pembelajaran pakem di MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri sudah berjalan 3 tahun, sehingga trampil menampakkan ini di setiap kelas.
B. KESISWAAN
1. Terlaksananya program Asrama Putri
2. Terlaksananya program Unggulan Tahfidz
3. Jumlah siswa setiap tahun meningkat
4. Karena adanya kesadaran dari orangtua sehingga tidak adanya siswa yang putus sekolah.
5. Ketidakhadiran siswa rata - rata dikarenakan alasan sakit ataupun ijin tidak lebih dari 2 %.
6. Rata - rata nilai UH, PAS setiap tahun cenderung naik.
7. Sebagai hasil upaya maksimal dari pendidik di MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri maka setiap tahun lulus 100%. Dari seluruh jumlah lulusan tersebut ( 100 % ), 93% melanjutkan ke MA. Dakwah Islamiyah Putri dan SMK Plus Nurul Hakim
8. Beberapa prestasi akademik dan non akademik telah diraih baik tingkat kabupaten , provinsi, maupun nasional
9. Untuk perkembangan kegiatan ekstrakurikuler, pada masing - masing jenis kegiatan jumlah peserta bertambah.
10. Dikarenakan pandemi Covid 19 yang terjadi belakang ini, sejumlah siswa mengalami kesulitan belajar dikarenakan kondisi ekonomi dan akses internet di tempat mereka tinggal kurang mendukung.
C. KETENAGAAN
NO | STATUS | JENIS KELAMIN | JUMLAH | |
L | P | |||
1 | GURU PNS | 1 | 1 | |
2 | GURU SERTIFIKASI | 4 | 24 | 28 |
3 | GURU NON PNS | 10 | 41 | 51 |
JUMLAH | 15 | 65 | 80 |
Tabel 2. Jumlah tenaga pendidik berdasarkan tingkat pendidikan dan kompetensinya
NO | STATUS | TINGKAT PENDIDIKAN | JUMLAH | ||||
SMA | D3 | S1 | S2 | S3 | |||
1 | GURU PNS | 1 | 1 | ||||
2 | GURU SERTIFIKASI | 25 | 3 | 28 | |||
3 | GURU NON PNS | 1 | 47 | 4 | 51 | ||
JUMLAH | 1 | 0 | 73 | 7 | 0 | 80 |
Disamping itu juga terdapat tenaga kependidikan ada enam orang, satu orang belum menyelesaikan S1. Juga terdapat satu orang petugas kebersihan dan satu orang penjaga.
D. SARANA DAN PRASARANA
1. Ruang Kelas
Ruang kelas belum lengkap karena masih tahap pembangunan
2. Laboratorium
MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri mempunyai Laboratorium Komputer dan laboratorium IPA.
3. Meubeler
Untuk meubeler berupa meja dan bangku siswa baru terpenuhi untuk 40%, karena sebaian besar masih belu memiliki ruang kelas
4. Perpustakaan
Kondisi perpustakaan cukup baik dan koleksi buku perpustakaan sudah terpenuhi.
5. UKS
UKS MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri dalam kondisi ruangan dan sirkulasi udara baik dengan stok obat-obatan yang lengkap.
6. Kantin
Kantin dalam kondisi baik
7. Mushola/masjid
Mushola MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri dalam kondisi baik
8. Koperasi
Sudah lengkap dengan menyediakan barang kebutuhan pokok warga madrasah
9. Lapangan Olahraga
Lapangan olahraga dalam kondisi baik tetapi masih outdoor
10. Tamanisasi
Guna mendukung tempat belajar yang nyaman dan asri MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri membangun tamanisasi, tapi masih belum maksimal karena masih tahap pembangunan di lingkungan madrasah.
E. KEUANGAN
Kondisi keuangan di MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri ini cukup baik sudah bisa memenuhi kebutuhan operasional madrasah. Sumber dana dari BOS.
F. Peran Serta Masyarakat
1. Komite membantu aktif terhadap pengembangan madrasah berupa tenaga, dan pikiran.
2. Telah disusunnya kepengurusan yang baik dan ideal
3. Kontribusi dan fungsi pengurus sudah baik.
G. PENGEMBANGAN MADRASAH UNGGUL
1. Kegiatan Literasi
2. Kegiatan Siswa “Agen Anti Bully”
3. Kegiatan Madrasah berbudaya lingkungan
4. Tahfidz
H. LAYANAN KHUSUS
1. Madrasah menyediakan sarana komunikasi dengan wali murid
2. Bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar, madrasah memberikan layanan khusus berupa bimbingan oleh guru di luar jam pelajaran dan tidak dipungut biaya.
BAB IV
PROGRAM PENGEMBANGAN MADRASAH
A. Pengembangan Kompetensi Lulusan
1. Workshop KTSP
2. Pembentukan Team Pengembang Kurikulum
3. Pencetakan Administrasi Pembelajaran
4. Rapat penentuan mulok
5. Penentuan Struktur Kurikulum
6. Program Pengayaan dan Remidial
7. Penyusunan Program BK
8. Program gali bakat dan minat
9. Penyusunan Program Ekstrakurikuler
B. Pengembangan kurikulum
1. Workshop KTSP
2. Pembentukan Team Pengembang Kurikulum
3. Studi tiru ke madrasah atau sekolah unggul
C. Pengembangan pembelajaran
1. Workshop Pengembangan Silabus dan Penyusunan RPP Terbaru
2. Workshop model pembelajaran yang menggunakan ITC
3. MGMP Mapel
D. Pengembangan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan
1. Mengikutkan pada kegiatan sertifikasi laboran
2. Mengikutkan pada kegiatan sertifikasi putakawan
3. Mengikutkan pada kegiatan sertifikasi guru
4. Mengikutkan pada kegiatan diklat peningkatan kompetensi guru/pegawai
5. Mengikutkan pada kegiatan seminar pendidikan
E. Pengembangan sarana dan prasarana madrasah
1. Perawatan Lahan / tamanisasi
2. Perawatan Bangunan
3. Perawatan Meja Kursi
4. Perawatan inventaris kelas
5. Pembelian buku referensi, pengayaan
6. Pembelian buku mata pelajaran, buku guru
7. Pengadaan Alat dan Bahan
8. Pengadaan aplikasi perpustakaan
9. Terwujudnya jembatan yang nyaman dan aman
10. Madrasah perlu Rehab Kantin
11. Madrasah Perlu pengadaan pompa Air
12. Madrasah Perlu pengadaan Rumah jenset
13. Pembelian peralatan perpustakaan
F. Kesiswaan
1. Peserta didik baru bisa mencapai 17 kelas dengan jumlah 30 siswa perkelas
2. Mempertahankan angka putus sekolah sebesar 0 %
3. Menurunkan presentasi ketidakhadiran 0 %
4. Mempertahankan jumlah lulusan 100 %
5. Prestasi akademik dan non akademik lebih meningkat dari tahun sebelumnya
6. Kegiatan ekstrakurikuler bisa tetap aktif dilaksanakan sesuai kondisi
7. Lulusan MTS. Dakwah Islamiyah Putri Kediri sebagian besar bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
8. Mampu mengembangkan jiwa wirausaha dan keterampilan siswa
9. Membuat Koperasi Siswa
BAB V
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari sajian RPM ini dapat disimpulkan :
1. RPM telah disusun berdasarkan profil madrasah yang melibatkan unsur Kepala madrasah, Guru, Komite madrasah dan Paguyuban Kelas
2. RPM disusun agar peningkatan mutu madrasah dapat dilaksanakan lebih terarah, efisien dan efektif
3. Harapan dan pengembangan dalam rangka peningkatan mutu terdiri atas KBM, kesiswaan, ketenagaan, sarana prasarana, keuangan, program unggulan dan layanan khusus
4. Perencanaan tentang biaya disusun berdasar program kerja. Sedangkan sumber dana yang digali dari dana BOS.
B. SARAN-SARAN
1. RPM yang telah disusun perlu disosialisasikan kepada orang tua dan pihak-pihak yang berkepentingan
2. Dalam melaksanakan RPM perlu didukung, dimonitor dan di bantu pelaksanaannya.