Tahun demi tahun MTs. Dakwah Islamiyah Putri selalu mengalami perkembangan/kemajuan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dari segi kualitas bisa diukur dari status akreditasi madrasah yang mengalami peningkatan. Saat ini MTs. Dakwah Islamiyah Putri berstatus “Terakreditasi A” dengan SK. No. 087/BAN-PDM/SK/2024, yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
Dalam kiprahnya di dunia pendidikan, mulai dari sejak berdirinya sampai dengan saat ini MTs. Dakwah Islamiyah Putri telah berhasil mengukir banyak prestasi baik ditingkat lokal maupun nasional. Disamping itu Pondok Pesantren Nurul Hakim juga terus mendukung upaya untuk meningkatkan fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran di lembaga MTs. Dakwah Islamiyah Putri. Sedangkan dari segi kuantitas bisa diukur dari jumlah santriwati yang mencapai angka lebih dari 1000 tiap tahun nya.
Pada tahun ajaran 2024/2025 jumlah peserta didik MTs. Dakwah Islamiyah Putri sebanyak 1192 orang. Jumlah yang cukup besar dan cukup heterogen dengan berbagai latar belakang, seperti: latar belakang pendidikan orang tua, latar sosial dan budaya, profesi orangtua/wali yang beragam , lingkungan tempat tinggal peserta didik MTs. Dakwah Islamiyah Putri juga sangat beragam, Ada yang tinggal di perkotaan, pedesaan, daerah pantai hingga pegunungan. Berikut Adalah gambaran jumlah santri selama lima tahun terakhir.
T.A | KELAS VII | KELAS VIII | KELAS IX | JUMLAH |
2020/2021 | 535 | 409 | 400 | 1344 |
2021/2022 | 529 | 511 | 375 | 1415 |
2022/2023 | 473 | 494 | 465 | 1432 |
2023/2024 | 436 | 439 | 437 | 1312 |
2024/2025 | 378 | 409 | 405 | 1192 |
Gambar 1. Grafik Statistik Jumlah Peserta didik di MTs. Dakwah Islamiyah Putri lima tahun terakhir
Untuk melihat gambaran heterogenitas peserta didik MTs. Dakwah Islamiyah Putri dapat dilihat pada grafik di bawah ini:
Gambar 2. Grafik sebaran asal peserta didik baru tahun pelajaran 2024/2025
Berdasarkan grafik di atas, luasnya sebaran asal peserta didik menggambarkan MTs. Dakwah Islamiyah Putri memiliki keberagaman yang cukup kompleks, baik terkait budaya, karakter, dan bawaan peserta didik. Hal ini menjadi atensi serius pimpinan lembaga untuk menata secara konprehensif model pembelajaran yang dikembangkan di MTs. Dakwah Islamiyah Putri. Hal ini dilakukan sebagai landasan dalam merumuskan pendidikan di madrasah terutama dalam pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) yang mengakomodir semua keberagaman tersebut.
Selain itu, dari hasil tes diagnostik yang dilakukan untuk peserta didik baru yang dilaksanakan pada awal tahun pelajaran 2024/2025 terdapat keberagaman bakat, karakter dan kemampuan kognitif peserta didik MTs. Dakwah Islamiyah Putri. Seperti yang tergambar pada grafik hobi dan gaya belajar peserta didik baru dibawah ini:
Gambar 3. Grafik Hobi peserta didik baru tahun pelajaran 2024/2025
Gambar 4. Grafik gaya belajar peserta didik baru T.A 2024/2025
Dengan hasil kegiatan ini diharapkan untuk memudahkan madrasah dalam mendesain model pembelajaran yang akan diterapkan, sehingga tenaga pendidik secara praktis mudah dalam merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan dengan mudah melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan.
Dengan adanya data klasifikasi gaya belajar ini, MTs. Dakwah Islamiyah Putri mendorong tenaga pendidik untuk melaksakan pembelajaran sesuai hak dasar peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakatnya yang merupakan karunia dari Allah SWT yang harus diakomodir oleh tenaga pendidik.
Disamping itu juga dilakukan analisis terhadap latar belakang pendidikan peserta didik baru, dan diperoleh hasil seperti yang disajikan pada Gambar 4.
LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PESERTA DIDIK BARU T.P 2024-2025
Gambar 5. Grafik latar belakang pendidikan peserta didik baru T.A 2024/2025