logo
  • Beranda
  • Profil
    • Profil Madrasah
    • Visi dan Misi
    • Tentang kami
    • Sambutan
    • Sarana dan Prasarana
    • Struktur Organisasi
    • Kemitraan
    • Komite Madrasah
    • Prestasi
    • Galeri Kegiatan kepala madrasah
    • Karakteristik Peserta Didik
    • Profil Santri MTs. Dakwah Islamiyah Putri
  • Kurikulum
    • Struktur Kurikulum
    • Sistem Pembelajaran
    • Kalender Pendidikan
    • Jadwal Pelajaran
  • Blogpost
    • Ruang Asatiz
    • Aktifitas Madrasah
    • Aktifitas Santri
    • Karya Santri
    • Biografi Tokoh
    • Informasi
    • Administrasi Guru
    • Upload
    • Program Kerja Madrasah
    • Profil Asatiz
    • Desain Pembelajaran
  • Kontak
  • Sipontren

Profil

  1. Home
  2. Profil Santri MTs. Dakwah Islamiyah Putri
Administrator - 20 Agustus 2024

Profil Santri MTs. Dakwah Islamiyah Putri

 

PROFILDESKRIPSI KEGIATAN
Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia 

Berkeadaban (ta’addub) 
 
• Memahami ajaran Agama Islam secara moderat menggunakan mazhab imam Syafi'i. 
• Beribadah:  sholat wajib berjamaah, sholat sunnah, puasa sunnah,  zikir, membaca Al -Qur'an. 
• Adanya kajian Kitab Kuning.  
• Menghafal alqur’an minimal 1 juz dalam setahun. 
• Menghafal hadist arba’in. 
• Sebelum memulai KBM membaca Al Qur'an. 
• Berdoa sebelum dan setelah kegiatan. 
• Perayaan hari besar Islam. 
• Memberi tausiyah untuk warga madrasah. 
• Kultum setelah sholat. 
• Uji public hafalan alqur’an. 
 

Mandiri 

Keteladanan (qudwah)

  • Datang tepat waktu
  • Berbicara dan berprilaku yang sopan
  • Mengucapkan dan menjawab salam
  • Berpakaian yang rapi
  • Mengisi waktu luang dengan banyak berzikir, mengaji dan membaca
  • Mengerjakan dan menyelesaikan tugas tepat waktu
Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah)
  • Apel bendera pada hari Senin dan hari besar nasional
  • Menghafalkan lagu-lagu nasional
  • Mengadakan perlombaan menyanyikan lagu wajib nasional
  • Menghafalkan pembukaan UUD 1945
  • Memperkenalkan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia melalui pentas seni atau kunjungan ke museum
  • Memperkenalkan sejarah Indonesia dan tokoh-tokoh perjuangan maupun tokoh nasional.

Bergotongroyong

 

Mengambil jalan tengah (tawassut)

  • Berdiskusi dalam pemilihan ketua kelas dan pengurus kelas
  • Berdiskusi menentukan jadwal piket
  • Berdiskusi dalam pemilihan OSIM
  • Berdiskusi dalam menentukan jenis lomba atau kegiatan yang akan dilakukan
  • Berdiskusi dalam menentukan juara lomba yang diadakan OSIM
  • Kerjabakti
Berimbang (tawȃzun)
  • Memberlakukan aturan dan proses yang sama untuk mata pelajaran agama maupun mata pelajaran umum
  • Berlaku adil dan tidak pilih kasih
Lurus dan tegas (I’tidȃl)
  • Memberlakukan reward and punishment
Kesetaraan (musȃwwah)
  • Proses pemilihan OSIM melalui kegiatan demokrasi melalui sistem Pemilu dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh Madrasah.                                                
  • Kegiatan diskusi di dalam kelas maupun diluar kelas 
  • Semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama berupa jadwal piket, jadwal mengisi muhadharah dll 
     

Berkebinekaan global

Toleransi (tasȃmuh)

  • Infaq pekanan dan bulanan untuk disalurkan kepada warga Madrasah yang membutuhkan , kunjungan kepada santri yang mendapat musibah dll
  • Membentuk Agen perubahan anti bullying

Kreatif

Bernalar kritis

Dinamis dan inovatif (tathwwur wa ibtikȃr)

  • kegiatan Ekstrakurikuler (Pramuka, PMR, PIK Remaja OSIM, Muhadaroh, mufrodats (memahami dan menghafal kosa kata bahasa Arab dan bahasa Inggris), olimpiade 
  • Membuat pamplet –pamplet, mading, kaligrafi dan lainnya
  • Mengadakan pentas seni dan olahraga atau lomba yang bersifat akademik maupun non akademik seperti : lomba menulis cerpen/puisi, lomba hifzul qur’an, lomba menyanyikan lagu wajib nasional, lomba balap karung, lomba senam kreasi, lomba makan kerupuk dll
  • Menampilkan performance untuk kampanye anti bullying 
  • Menampilkan performance untuk menumbuhkan budaya literasi
  • Praktek percobaan yang terintegrasi dengan mata pelajaran contohnya : pembelajaran IPA( uji makanan untuk mengetahui kandungan  amilum dan karbohidrat, IPS (praktek berjualan di kantin dan mengadakan bazar ) dan Bahasa Indonesia (teks prosedur melakukan atau membuat sesuatu).
  • Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran, penyusunan laporan kegiatan OSIM, mencari materi madding ataupun materi pelajaran dll

MTs. Dakwah Islamiyah Putri

Yayasan Nurul Hakim Lombok

Jln. Taruna No. 05, Kediri, Lombok Barat

Nusa Tenggara Barat 83362

Profil

  • Profil Madrasah
  • Visi dan Misi
  • Tentang kami
  • Sambutan
  • Sarana dan Prasarana
  • Struktur Organisasi
  • Kemitraan
  • Komite Madrasah
  • Prestasi
  • Galeri Kegiatan kepala madrasah
  • Karakteristik Peserta Didik
  • Profil Santri MTs. Dakwah Islamiyah Putri

Kurikulum

  • Struktur Kurikulum
  • Sistem Pembelajaran
  • Kalender Pendidikan
  • Jadwal Pelajaran

Blogpost

  • Ruang Asatiz
  • Aktifitas Madrasah
  • Aktifitas Santri
  • Karya Santri
  • Biografi Tokoh
  • Informasi
  • Administrasi Guru
  • Upload
  • Program Kerja Madrasah
  • Profil Asatiz
  • Desain Pembelajaran
Copyright © 2022 MTs. Dakwah Islamiyah Putri - All Rights Reserved.
  • Beranda
  • Profil
    • Profil Madrasah
    • Visi dan Misi
    • Tentang kami
    • Sambutan
    • Sarana dan Prasarana
    • Struktur Organisasi
    • Kemitraan
    • Komite Madrasah
    • Prestasi
    • Galeri Kegiatan kepala madrasah
    • Karakteristik Peserta Didik
    • Profil Santri MTs. Dakwah Islamiyah Putri
  • Kurikulum
    • Struktur Kurikulum
    • Sistem Pembelajaran
    • Kalender Pendidikan
    • Jadwal Pelajaran
  • Blogpost
    • Ruang Asatiz
    • Aktifitas Madrasah
    • Aktifitas Santri
    • Karya Santri
    • Biografi Tokoh
    • Informasi
    • Administrasi Guru
    • Upload
    • Program Kerja Madrasah
    • Profil Asatiz
    • Desain Pembelajaran
  • Sipontren