Dalam semangat kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi, keluarga besar MTs. Dakwah Islamiyah Putri menggelar acara Halal Bihalal antara dewan guru dan staf pada hari Selasa, 09 Syawal 1446 H, bertepatan dengan 08 April 2025. Acara ini menjadi momentum penuh makna setelah menjalani bulan suci Ramadan dan merayakan hari kemenangan, Idulfitri 1446 H.
Setiap tanggal 21 April, Indonesia memperingati Hari Kartini—hari yang dipersembahkan untuk mengenang perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan hak perempuan, terutama dalam hal pendidikan dan peran di masyarakat. Namun, Hari Kartini bukan sekadar seremoni mengenakan kebaya atau menghias sanggul. Ia adalah simbol dari setiap langkah terang perempuan Indonesia—dari masa lalu hingga hari ini.
“Memaksimalkan ibadah di bulan Ramadahan, berarti memaksimalkan kebaikan pada empat pintu fiqih lainnya” Kalimat tersebut disampaikan oleh Bapak Pimpinan Yayasan Nurul Hakim Lombok, TGH. Muharrar Mahfuz hafizohullah pada acara silaturrahim bulanan segenap civitas akademik Yayasan Nurul Hakim Lombok yang dirangkai dengan Tarhib Ramadhan 1446H pada Sabtu, 16 Sya’ban 1446H bertepatan dengan 15 Februari 2025M di Masjid Al-Walidaen KMMI Putra Nurul Hakim.
Pondok Pesantren Nurul Hakim telah mengadakan acara pelantikan pengurus baru Organisasi Pelajar Putra dan Putri untuk periode 2025. Acara yang digelar dalam beberapa tahapan ini dihadiri oleh seluruh santri, para ustadz/ustadzah, serta tamu undangan. Pelantikan ini menjadi momen penting dalam perjalanan organisasi pelajar, sekaligus menandai dimulainya babak baru dalam upaya mewujudkan visi dan misi pesantren. Jadwal pelantikan masing-masing asrama adalah sebagai berikut :
Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah suatu kegiatan penilaian atau ujian yang dilakukan oleh kementrian agama untuk mengukur sejauh mana kompetensi dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik di madrasah pada bidang literasi. Keterampilan literasi yang diuji diantara nya mencakup literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.
Supervisi proses pembelajaran adalah upaya untuk memantau, mengevaluasi, dan memberikan dukungan terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas. Tujuan utama dari supervisi pembelajaran adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa, dengan cara memberikan bimbingan dan umpan balik kepada guru. Supervisi ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.