logo
  • Beranda
  • Profil
    • Profil Madrasah
    • Visi dan Misi
    • Tentang kami
    • Sambutan
    • Sarana dan Prasarana
    • Struktur Organisasi
    • Kemitraan
    • Komite Madrasah
    • Prestasi
    • Galeri Kegiatan kepala madrasah
    • Karakteristik Peserta Didik
    • Profil Santri MTs. Dakwah Islamiyah Putri
  • Kurikulum
    • Struktur Kurikulum
    • Sistem Pembelajaran
    • Kalender Pendidikan
    • Jadwal Pelajaran
  • Blogpost
    • Ruang Asatiz
    • Aktifitas Madrasah
    • Aktifitas Santri
    • Karya Santri
    • Biografi Tokoh
    • Informasi
    • Administrasi Guru
    • Upload
    • Program Kerja Madrasah
    • Profil Asatiz
    • Desain Pembelajaran
  • Kontak
  • Sipontren

Profil

  1. Home
  2. Blog
  3. Ruang Asatiz
  4. Detail Post

Search

Kategori

  • Ruang Asatiz
  • Aktifitas Madrasah
  • Aktifitas Santri
  • Karya Santri
  • Biografi Tokoh
  • Informasi
  • Administrasi Guru
  • Upload
  • Program Kerja Madrasah
  • Profil Asatiz
  • Desain Pembelajaran

Terbaru

  • blog thumbnail

    Pesantren sebagai Ladang Pahala. Biaya Bukan Beban, Tapi Bekal Akhirat

  • blog thumbnail

    Melangkah Lebih Jauh, Dari Sekolah Dasar Menuju Pesantren Masa Depan

  • blog thumbnail

    Menjawab Potensi Anak: Alasan Dibalik Banyaknya Pilihan Lembaga Pendidikan di Ponpes Nurul Hakim

  • blog thumbnail

    Hari Pendidikan Nasional: Peran Strategis Santri & Pondok Pesantren dalam Membangun Generasi Bangsa

  • blog thumbnail

    Ujian Akhir Madrasah Kelas IX: Gerbang Menuju Jenjang Lanjutan di Nurul Hakim

Administrator - 15 November 2024

Supervisi Proses Pembelajaran T.P 2024-2025

Pada tahun pelajaran 2024-2025, MTs. Dakwah Islamiyah Putri melaksanakan kegiatan supervisi proses pembelajaran untuk para asatiz pada rentang waktu bulan Oktober 2024. Kepala madrasah dan beberapa guru senior yang ditugaskan melakukan kegiatan supervisi untuk para asatiz sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Supervisi proses pembelajaran adalah upaya untuk memantau, mengevaluasi, dan memberikan dukungan terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas. Tujuan utama dari supervisi pembelajaran adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa, dengan cara memberikan bimbingan dan umpan balik kepada guru. Supervisi ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Tujuan Supervisi Proses Pembelajaran :

  1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
    Dengan adanya supervisi yang baik, diharapkan kualitas pembelajaran di kelas akan meningkat. Proses pembelajaran akan lebih terarah, efektif, dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
  2. Meningkatkan Kompetensi Guru
    Supervisi bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan profesional guru, membantu guru memahami kekuatan dan kelemahannya, serta memberikan bimbingan untuk memperbaiki kekurangan dalam praktik mengajar.
  3. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
    Pembelajaran yang lebih efektif dan berkualitas tentu akan berdampak pada hasil belajar siswa. Dengan pengelolaan kelas yang baik, metode pengajaran yang tepat, dan media yang efektif, siswa akan lebih mudah memahami materi dan meningkatkan prestasi akademik mereka.
  4. Mendorong Inovasi dalam Pengajaran
    Melalui supervisi, guru dapat didorong untuk menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan zaman, seperti pembelajaran berbasis teknologi atau pembelajaran aktif yang melibatkan siswa lebih banyak.

Manfaat Supervisi Proses Pembelajaran

  • Bagi Guru:
    Supervisi memberikan kesempatan bagi guru untuk mendapatkan umpan balik yang konstruktif, belajar dari pengalaman, serta memperoleh dukungan dan pelatihan untuk pengembangan profesionalnya.
  • Bagi Siswa:
    Dengan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan melalui supervisi, siswa akan merasakan manfaat dalam bentuk pengajaran yang lebih efektif dan peningkatan pemahaman terhadap materi pelajaran.
  • Bagi Madrasah:
    Supervisi yang dilakukan secara rutin dan terencana akan meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah, yang pada gilirannya akan berkontribusi pada pencapaian tujuan madrasah secara keseluruhan.

MTs. Dakwah Islamiyah Putri

Yayasan Nurul Hakim Lombok

Jln. Taruna No. 05, Kediri, Lombok Barat

Nusa Tenggara Barat 83362

Profil

  • Profil Madrasah
  • Visi dan Misi
  • Tentang kami
  • Sambutan
  • Sarana dan Prasarana
  • Struktur Organisasi
  • Kemitraan
  • Komite Madrasah
  • Prestasi
  • Galeri Kegiatan kepala madrasah
  • Karakteristik Peserta Didik
  • Profil Santri MTs. Dakwah Islamiyah Putri

Kurikulum

  • Struktur Kurikulum
  • Sistem Pembelajaran
  • Kalender Pendidikan
  • Jadwal Pelajaran

Blogpost

  • Ruang Asatiz
  • Aktifitas Madrasah
  • Aktifitas Santri
  • Karya Santri
  • Biografi Tokoh
  • Informasi
  • Administrasi Guru
  • Upload
  • Program Kerja Madrasah
  • Profil Asatiz
  • Desain Pembelajaran
Copyright © 2022 MTs. Dakwah Islamiyah Putri - All Rights Reserved.
  • Beranda
  • Profil
    • Profil Madrasah
    • Visi dan Misi
    • Tentang kami
    • Sambutan
    • Sarana dan Prasarana
    • Struktur Organisasi
    • Kemitraan
    • Komite Madrasah
    • Prestasi
    • Galeri Kegiatan kepala madrasah
    • Karakteristik Peserta Didik
    • Profil Santri MTs. Dakwah Islamiyah Putri
  • Kurikulum
    • Struktur Kurikulum
    • Sistem Pembelajaran
    • Kalender Pendidikan
    • Jadwal Pelajaran
  • Blogpost
    • Ruang Asatiz
    • Aktifitas Madrasah
    • Aktifitas Santri
    • Karya Santri
    • Biografi Tokoh
    • Informasi
    • Administrasi Guru
    • Upload
    • Program Kerja Madrasah
    • Profil Asatiz
    • Desain Pembelajaran
  • Sipontren