Pada tahun pelajaran 2024-2025, MTs. Dakwah Islamiyah Putri melaksanakan kegiatan supervisi proses pembelajaran untuk para asatiz pada rentang waktu bulan Oktober 2024. Kepala madrasah dan beberapa guru senior yang ditugaskan melakukan kegiatan supervisi untuk para asatiz sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
Supervisi proses pembelajaran adalah upaya untuk memantau, mengevaluasi, dan memberikan dukungan terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas. Tujuan utama dari supervisi pembelajaran adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa, dengan cara memberikan bimbingan dan umpan balik kepada guru. Supervisi ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
Tujuan Supervisi Proses Pembelajaran :
- Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Dengan adanya supervisi yang baik, diharapkan kualitas pembelajaran di kelas akan meningkat. Proses pembelajaran akan lebih terarah, efektif, dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. - Meningkatkan Kompetensi Guru
Supervisi bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan profesional guru, membantu guru memahami kekuatan dan kelemahannya, serta memberikan bimbingan untuk memperbaiki kekurangan dalam praktik mengajar. - Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Pembelajaran yang lebih efektif dan berkualitas tentu akan berdampak pada hasil belajar siswa. Dengan pengelolaan kelas yang baik, metode pengajaran yang tepat, dan media yang efektif, siswa akan lebih mudah memahami materi dan meningkatkan prestasi akademik mereka. - Mendorong Inovasi dalam Pengajaran
Melalui supervisi, guru dapat didorong untuk menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan zaman, seperti pembelajaran berbasis teknologi atau pembelajaran aktif yang melibatkan siswa lebih banyak.
Manfaat Supervisi Proses Pembelajaran
- Bagi Guru:
Supervisi memberikan kesempatan bagi guru untuk mendapatkan umpan balik yang konstruktif, belajar dari pengalaman, serta memperoleh dukungan dan pelatihan untuk pengembangan profesionalnya. - Bagi Siswa:
Dengan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan melalui supervisi, siswa akan merasakan manfaat dalam bentuk pengajaran yang lebih efektif dan peningkatan pemahaman terhadap materi pelajaran. - Bagi Madrasah:
Supervisi yang dilakukan secara rutin dan terencana akan meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah, yang pada gilirannya akan berkontribusi pada pencapaian tujuan madrasah secara keseluruhan.